MEMBANGUN PERSONAL BRANDING BLOG DAN MEDIA SOSIAL


 Luar biasa tambahan ilmu kuliah online terakhir Belaja Menulis di KSGN. Materinya membekali kami tentang apa yang sebaiknya dilakukan setelah selesai mengikuti semua rangkaian perkuliahan. Narasumber hebat pemilik nama  Namin AB Ibnu Solihin, berbagi pengalaman dan tips-tipsnya tentang membangun personal branding melaui blog dan media sosial. Semoga pembaca penasaran seperti rasa penasarannya Ambu ketika awal pertemuan disampaikan judul materinya.

Beberapa pertemuan yang lalu pernah disinggung tentang istilah branding ini. Yang Ambu tahu branding atau brand artinya merek. Tapi apa hubungannya sama blog dan media sosial? Apa yang dimaksud dengan istilah-istilah tersebut? Apakah blog atau medsos kita harus bermerek? Kalau ya, mereknya apa ya? Ah, banyak pertanyaan dan rasa penasaran di benak Ambu. Baik Ambu uraikan di bawah ini apa yang Ambu bisa tangkap dari materi yang disampaikan malam ini.

Sang founder motivatorpendidikan.com, Ayah empat @anaktanpagadget, Pembicara Seminar Parenting, Konsultan Branding Sekolah dan Blogger Pendidikan itu, membagikan link tentang profilnya  di sini

Beliau adalah trainer ternama dalam hal motivasi pendidikan, dan sudah keliling tanah air dalam berbagai training atau pelatihan-pelatihan. Selain itu beliau juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 200 materi training di slideshare.net, setiap tahunnya bisa dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar tujuh Ribu kali. Linknya  di sini

 

Kisah Narasumber

Beliau mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati. Jadi saat awal-awal ngeblog beliau tidak punya impian apa-apa dan tidak memiliki tujuan apa-apa, yah pokoknya buat asyik-asyik saja dan agar waktu istirahat lebih bermanfaat.

Wah, Ambu banget itu. Sampai saat ini Ambu belum memiliki arah yang jelas mau dibawa ke mana jiwa blognya. Selain karena masih pemula, Ambu belum paham apa dan bagaimana kaitannya antara blog dan branding. Isi dari blog sebagian besar baru hasil nulis resume kuliah online. Sisanya paling curhat-curhatan, atau beberapa kejadian-kejadian mengejutkan.

Tapi sudah ada niat Ambu untuk membranding diri Ambu sebagai bloger. Terisnpirasi dari bu Ritawati yang sangat menginspirasi. Caranya buat beberapa alamat blog: di blogspot, wordpress, kompasiana dan lain-lain. Masing-masing alamat hanya berisi satu jenis tulisan. Nah, Ambu bermimpi punya blog di wordpress dan akan diisi dengan postingan-postingan tentang belajar-mengajar dan kurikulum, yang memang dunia yang Ambu geluti selama puluhan tahun. Mudah-mudahan terlaksana ke depan.

Bagaimana sang Narasumber membangun brandingnya? Ternyata setelah tujuh tahun sejak 2007 beliau ngeblog, baru membangun brandingnya. Waktu yang cukup lama juga ternyata. Tahun 2013 beliau mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif dengan konten edukasi yang sangat menarik. Guraru.org setiap tahunnya juga memberikan penghargaan bagi para guru bloger yang berprestasi diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama. Blog guraru.org kini masih ada tapi kegiatan forum menulisnya tidak ramai lagi.

Dari ngeblog asal-asalan kemudian beliau mulai memiliki semangat untuk berbagai melalui tulisan diblog keroyokan dan blog pribadi. Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau memaksankan diri untuk mengikuti program Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 beliau dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Pada tahun 2014-2015  Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek. Program ini digagas dalam menggerakan agar guru-guru mau menulis dan menggunakan internet dan teknologi sebagai pembelajaran. Selain itu juga mereka memiliki impian agar para guru bisa aktif berkontribusi menjadi produsen digital dengan cara menulis konten edukasi setiap harinya.

Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial

Lebih lanjut Narasumber menguraikan tentang baranding. Kita sering mendengar istilah Brand dan Branding, walau sepertinya mirip tapi sebenarnya memiliki perbedaan. Brand adalah merek yang dihasilkan melalui branding, lalu branding itu apa dong?

Branding adalah proses atau strategi yang dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pembaca blog atau media sosial yang kita miliki.

Contoh membangun Brand dan Branding adalah sebagai berikut :

Contoh : Brand (Merek) Blog dan istagram motivatorpendidikan.com :

1. Nama Blog dan Instagram : motivatorpendidikan.com

2.    Identitas (Logo dan tulisan dominan warna merah, yang mencerminkan nilai semat)

3.    Fokus pada dunia pendidikan ( Training, Seminar dan Worksop)

4.    Fokus Materi ( Training Guru Kreatif, Seminar Parenting, Motivasi Pelajar dan Mahasiswa, Branding Sekolah)

5.     Konten tulisan berisi artikel pendidikan dan foto-foto kegiatan training.

Contoh : Strategi yang dilakukan dalam membangun Branding Blog dan istagram motivatorpendidikan.com dengan cara: 

1. Membuat blog dan media sosial yang mudah dibaca dan diingat oleh orang yaitu motivatorpendidikan.co

2. Mengisi konten Blog dan Media sosial dengan tulisan – tulisan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, sehingga segmentasi jelas, bahwa pembaca yang akan berkunjung adalah mereka yang membutuhkan konten tersebut.

3.  Membuat poster dan video yang berkaitan dengan motivasi pendidikan

4.Membuat kaos yang bertuliskan motivatorpendidikan.com

5.Mengadakan pelatihan Gratis dari motivatorpendidikan.com sebagai sarana memperkenal Brand (merek)

6.Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivatorpendidikan.com

7.Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada para follower atau peserta kegiatan seminar.

 

Unsur-unsur dalam branding diantaranya adalah:

a.    Nama merek atau brand : Motivatorpendidikan.com

b.    Logo (Tulisn dan Logo ).

c.    Tampilan visual Blog dan Medsos (lihat website motivatorpendidikan.com, Simple, informati dan SEO Friendly).

d.    Juru bicara (Namin AB Ibnu Solihin : Founder motivatorpendidikan.com).

e.    Suara (Memiliki ciri khas ketika membuka sebuah training).

f. Slogan/Tagline/Akronim: Teacher Learning Partners).

Jika kita sudah berhasil membangun Branding, maka kita sebagi founder secara personal juga terbangun brandingnya, maka dikenal dengan istilah personal branding. Public akan mengenal dari merek kita, cara bicara kita, pembawaan kita saat menyampaikan seminar, dan cara berpakaian.

Membangun branding harus totalitas dari banyak hal , termasuk nama email contoh : infomotivatorpendidikan@gmail.com

 

Pada akhir sesi kami diberi latihan membuat Branding, dengan cara  isi bagian di bawah ini :

Nama Blog :

Konten Blog Tentang :

Nama Instagram :

Nama Facebook.

Alamat Email :

Warna Khas :

Slogan/Tagline/Akronim :

Bingung juga Ambu, ketika menulis tentang konten Blog. Karena memang belum terbentuk. Ya, akhirnya berikut ini jawaban Ambu.

Nama Blog       tienpensti.blogspot.com

Konten Blog Tentang: kisah hidup atau memoar

Nama Instagram  : tinisumartini01

Nama Facebook.  :  Tinisuggs

Alamat Email    tinisu1306@gmai.com

Warna Khas        : Nila

Slogan/Taglin  :  never too old to learn

Sepertinya Pak narasumber benar-benar membuka alamat blog Ambu, agak berdebar juga hati menunggu komentar beliau. Alhamdulillah Blog Ambu dibilang baik, hehe. Namun lebih baik lagi agar branding terbentuk maka nama blog, email dan medsos menggunakan nama yang sama, imbuhnya.

Terimakasih materi malam ini, semoga Ambu bisa mewujudkan personal branding blog dan medsos Ambu.Terimakasih Omjay dan semua Narasumber hebat yang telah meberi begitu banyak bekal dan motivasi kepada kami untuk menulis. Semoga dengan berakhirnya sesi perkuliahan tak mengakhiri eksistensi grup 16. Mari kita pupuk, pelihara, dan tingkatkan kemampuan kita sehingga kita memiliki branding yang membanggakan. Aamiin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENAHAN GODAAN

Kata, Rasa, dan Rupa Kehidupan dalam Akrostik

SEPULUH HARI PERTAMA DI TAHUN BARU Dalam Akrostik