Jalan-Jalan di Blog Pak D Susanto

 


Tantangan Kmais menulis tanggal 25 Maret 2021 ini tentang ngeroyok blog. Setelah diundi ternyata blog milik Pak D Susanto lah yang kali ini dikeroyok. Saya ikut menjelajah blog-nya Pak D, ternyata tidak cukup waktu 1 jam. Lalu saya lanjutkan kegiatan ini di tengah-tengah saya memantau pelaksanaan USP hari ke-3 di sekolah saya. Walaupun sinyal hilang timbul, alhamdulillah saya bisa posting ini walaupun minimalis, karena untuk unduh gambar lolanya minta ampun. 

Kata pertama ketikai saya buka blognya Pak D Susanto, wow, amazing. Blog-nya keren! Blognya sudah milik sendiri dilihat dari alamatnya https://blogsusanto.com/


Di top header saya lihat ada animasi latest post yang bergerak. Lalu pada header-nya ada banner sederhana tetapi cukup memukau. Dengan font warna biru tua bertuliskan nama pemilik blog. Lalu di bawahnya ada tagline yang menjadi branded-nya: Blognya Pendidik yang Mencintai Pendidikan dan Pembelajaran.

Scrol ke bawah, ada menu bar yang berjajar rapi terdiri dari 7 menu: Home, Profil, Artikel, Grup Menulis, Pembelajaran, Kepegawaian, dan Sahabat Susanto. Mantaaap..!

Lalu scroll ke bawah lagi, ada 3 kolom , 2 kolom judul-judul postingan dan 1 kolom di pinggir kanan tentang widget-widget berupa informasi- informasi tentang arsip postingan dan rekapan komentar terakhir para pengunjung. Melihat arsip postingan, saya jadi tahu ternyata blog Pak D Susanto dibuat pada bulan Juli 2009, sudah berusia 12 tahun, wow!

Saya jadi semakin jiper kalau blog Pak D jadi cermin. Soalnya blog saya seumur singkong yang ditanam di kebun sekolah. Belum ada umbinya itu singkong. Ya, baru 7 bulan, ibarat singkong itu, blog saya pun belum berakar kuat, belum mantap.

Semakin dalam menelisik dengan membuka menu bar, menu Artikelnya mantap, banyak yang sudah diposting. Di menu Grup Menulis, saya jadi tahu kalau Pak D ini begitu konsisten menulis selama bulan Maret ini terbukti dengan tagar MarchChallenge-nya. Pak D menulis tiap hari dalam label bahasa-nya. Terakhir saya baca #24MarchChallenge : Ulang Tahun Alfa Andriyani. Mantaap Betuuuul!!

Menu Pembelajaran, jangan ditanya lagi. Memang itu branded blognya beliau. Lengkap sekali postingan tentang perangkat pembelajarannya. Bagi teman-teman guru yang mengajar di kelas 6, blog ini recomended banget dech.
Menu kepegawaian mengarsipkan kegiatan beliau dalam mengikuti webinar-webinar lengkap dengan sertifikat yang beliau terima. Superrr!

Terakhir, menu Sahabat Susanto. Di sana diposting link-link blog sahabat-sahabat beliau, yang memang bertemakan pendidikan dan pembelajaran. Jadi gak heran kalau link blog saya tidak ada di sana, hahaha...

Demikian sekilas hasil eksplorasi ke blog-nya Pak D Susanto. Walau sekilas, namun kesan saya sangat dalam dan entah harus bagaimana mengungkapkannya. Keren, super, mantaaap!

Maaf saya gak bisa menilai kekurangannya karena blog saya sendiri sangat kurang bila dibandingkan dengan blog Pak D Susanto. Saya masih harus banyak belajar dan belajar. maaf ya, Pak D. Bila isis postingan ini sangat minimalis, padahal blognya Pak D itu maksimalis, hehe...
Tetap Semangat, salam literasi!

Komentar

  1. Keren super mantaaapppp.
    Tiga kata yang juga pantas disematkan kepada yang mereview blogsusanto.com

    BalasHapus
  2. Hahahaa... makasih Mas Indra...

    BalasHapus
  3. Review yang enak dibaca, Ambu. Saya masih belum sempat menulis :'(

    BalasHapus
  4. Wah.ambu cukup teliti review blognya pak D....kita jadi ikutan jadi detektif swasta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. Bapak bisa aja. Jdi kyk detektif yah😅

      Hapus
  5. Keren Ambu..
    Wah saya ketinggalan kereta terus he he

    BalasHapus
  6. Makasih Bu..
    Ayo kejar keretanya dg kereta berikutnya hehe... lg sibuk ya Bu?

    BalasHapus
  7. Jalan-jalan juga ke blog saya, Mbak Tini. Salam kenal.

    BalasHapus
  8. Trima kasih ya, Ambu. Maaf slow respon.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA NAN MERAYU

Media Sosial, Bahagia dan Sengsara

SEPULUH HARI PERTAMA DI TAHUN BARU Dalam Akrostik