Yang Kita Capai adalah yang Kita Niatkan

 


Sambil menunggu waktu Rapat Dinas pagi ini, saya sempatkan menulis dulu. Tantangan Kamis Menulis hari ini menggerakkan hati saya untuk menggoreskan pena digital di menu Notes dalam HP saya. Tantangan tersebut mendorong hati untuk menguatkan niat menulis, sesuai dengan temanya: Niat.

Niat adalah keinginan yang terpendam dalam hati untuk mencapai sesuatu, baik atas dorongan nafsu maupun kehendak suci. Niat lebih penting daripada kemampuan. Karena dengan niat akan terpelihara kehendak kita.

Sahabat Rasulullah, Umar, berkata pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya (sahnya) amal-amal perbuatan adalah hanya bergantung kepada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatinya."

Benarlah adanya, untuk mengerjakan apa pun, harus diawali dengan niat. Ternyata dengan niat yang kuat mendorong saya untuk membuat kudapan pagi untuk suami tercinta, dari bahan seadanya di lemari pendingin, dan jadilah sepiring pisang goreng dan bakwan dalam waktu singkat, sebelum berangkat kerja. 

Karena niat pula, ada waktu 1 jam sebelum rapat dimulai, saya menjawab tantangan Kalis ini. Walaupun tulisan kurang berbobot, tapi saya ingin membenarkan sabda Rasulullah dan pendapat-pendapat orang-orang bijak lainnya tentang niat. Bahwa kita akan mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai yang kita niatkan.

Kilas balik menengok pengalaman-pengalaman hidup saya. Banyak capaian hasil yang baik karena adanya niat atau tekad yg kuat. Begitu pun dengan yang Anda semua raih, saya yakin itu.

Dengan tekad baja, dalam waktu satu bulan bisa melahirkan buku solo. Bukan hal yang mustahil, karena saya sudah membuktikannya. Semuanya karena diawali niat kuat yang mendorong usaha yang sungguh-sungguh. Namun sebaliknya, tanpa ada niat, dalam setahun pun saya belum bisa menulis buku lagi.

Luar biasa, niat menjadi dorongan dari hati yang menstimuli otak untuk menggerakkan raga mengerjakan apa yang diniatkan. Semakin kuat niatnya maka tingkat keberhasilan pun semakin baik. Oleh karenanya, dalam semua bidang tugas, harus dimulai dengan perencanaan yang matang. Perencanaan adalah bentuk niat yang diadministrasikan dengan baik, agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Banyak orang sukses berkat planning yang baik dapat mencapai apa yang diniatkannya. Jadi, marilah kita kuatkan niat kita dalam mengerjakan apa pun yang menjadi pilihan dalam hidup kita, dan semoga bermanfaat bagi kita maupun orang lain., aamiin.


Komentar

  1. luar biasa bunda, berkat niat yg kuat jadilah tulisan ini, bravo

    BalasHapus
  2. Luar biasa..
    1 bulan 1 buku... yuuuk diprogram..
    Semangat..

    BalasHapus
  3. Niat di barengi dengan usaha..waaw luar biasa. Sukses selalu Ambu

    BalasHapus
  4. Kekuatan niat sangat mempengaruhi hasil. Terima kasih Ambu cerita inspiratifnya.

    BalasHapus
  5. Betul sekali Ambu, kita hanya mendapatkan apa yang kita niatkan. Terimakasih pencerahannya Ambu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA NAN MERAYU

SEPULUH HARI PERTAMA DI TAHUN BARU Dalam Akrostik

Akrostik: Merdeka Bangsaku